About Me

My photo
Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia
always say I think I can and I know I can

Referensi

Cooking Rice with Lemon

Written By Yunita Purnamasari, ST on Tuesday, April 5, 2011 | 8:24 PM

                 Ini adalah pengalaman saya saat menanak nasi di alat ricecooker. Saya heran kenapa ya nasi kalau di masak dengan menggunakan alat menanak nasi atau yang biasa kita sebut sebagai ricecooker setelah hampir 24 jam atau 1 hari maka nasi mulai berubah warnanya menjadi kekuningan. 
Hemm.. sebagai seorang yang pernah kuliah di jurusan Teknik kimia, saya mencoba untuk meneliti apa kira-kira yang terjadi pada perubahan warna tersebut. Hasilnya, menurut saya itu adalah karena terjadi proses reaksi kimia kedua yang di sebabkan adanya suhu, karena kita tahu bahwa nasi yang kita masak dengan ricecooker maka saat nasi matang (reaksi pertama) ricecooker tidak di matikan melainkan tetap dalam keadaan menyala. Hal ini kita maksudkan agar saat kita makan nasi akan selalu dalam keadaan panas.
           
           Padahal hal itu akan menimbulkan reaksi baru, jika tadi awalnya beras yang di tambah air lalu di panaskan maka menjadi nasi, sedangkan nasi yang sudah matang tetap terus di panaskan maka lama-lama nasi tersebut menjadi kering dan berubah warna menjadi kuning itulah reaksi kedua yang terjadi. 

              Di sini saya mencoba dengan memperlambat atau bahkan benar-benar bisa awet nasi bertahan lama dalam keadaan tidak berubah warnanya menjadi kuning, tapi justru semakin lebih putih.
Bagaimana bisa?

Begini : Saat anda setelah mencuci beras, kemudian memasukkan beras tersebut ke dalam ricecooker dengan menambahkan air secukupnya, jangan lupa untuk menambahkan perasan air jeruk nipis seiris atau dua iris jeruk nipis (saya belum pernah melakukannya dengan jenis jeruk yang lain, sebaiknya jeruk nipis saja) dan biarkan sampai saat nasi matangpun alat menanak (ricecooker) dibiarkan tetap menyala tidak apa-apa, hingga keesokan harinyapun nasi masih baik, warna tetap dan bahkan lebih punel rasa nasinya jika kita menambahkan air perasan jeruk nipis tersebut.
Kandungan jeruk nipis, adalah vitamin C yang merupakan antioksidan yang bagus.
Selamat Mencoba.


In English:
Tips this time is how to cook rice that are not easily smell, dont worry because I have recipe.  This one for you :
1. Wash the rice
2. Pour out into the rice cooker
3. Wait for the minutes
4. Add lime juice
Good Luck..

No comments:

Post a Comment